Home » kesehatan » Apakah Gaya Hidup Jadi Penyebab Timbulnya Jerawat?

Apakah Gaya Hidup Jadi Penyebab Timbulnya Jerawat?

HARIANPEKANBARU.COM – Jerawat secara medis juga dikenal sebagai vulgaris, yakni entitas umum yang disebabkan oleh penyumbatan kelenjar minyak yang hadir di pangkal folikel rambut. Penyumbatan ini dapat terjadi karena kotoran di wajah atau produk berminyak atau minyak yang dikeluarkan oleh tubuh. Penyumbatan ini dapat menyebabkan penumpukan minyak di dalam kulit dan karenanya menyebabkan jerawat.

Sementara, lesi khas jerawat adalah kepala putih, kepala hitam, lesi merah, akar pappy, lesi berisi nanah yang disebut pustum. Ini bisa berupa nodular atau bahkan kistik. Tempat-tempat yang mudah terkena jerawat adalah wajah, dada, hidung dan punggung. Adapun kelompok usia yang umum menghadapi jerawat adalah anak laki-laki dan perempuan pada masa puber.

Jerawat juga dikaitkan dengan gaya hidup. Seperti dilansir Times of India, perubahan pola makan dan gaya hidup adalah peran utama munculnya jerawat. Jika seseorang menghadapi jerawat, mereka perlu mengurangi konsumsi gula, termasuk lebih banyak sayuran berdaun hijau, dan lebih sedikit karbohidrat.

Langkah selanjutnya adalah meningkatkan konsumsi air menjadi 3 liter sehari dan jaga agar tetap optimal untuk sepanjang tahun.

Untuk wanita, jangan memilih produk kosmetik berminyak. Semua produk harus diberi label sebagai non-komedogenik, yang akan membantu memberikan Anda kulit bebas jerawat.

Selain itu, jangan mengambil atau memecahkan jerawat dan ikuti protokol yang ditetapkan oleh dokter agar bebas dari jerawat!

Adapun penyebab jerawat juga beragam. Berikut beberapa factor yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

  1. Genetik – Salah satu dari orang tua dapat memiliki jerawat pada usia remaja atau muda sehingga anak-anak juga memiliki kecenderungan genetik terhadap jerawat.
  2. Hormonal – saat kita mencapai pubertas ada peningkatan kadar androgen dalam tubuh. Androgen meningkatkan produksi sebum yang menyebabkan lebih banyak jerawat di wajah, punggung, dada, dll.
  3. Perubahan gaya hidup: dengan gaya hidup telah berubah secara drastis, merokok, konsumsi alkohol dan pola makan yang tidak teratur, pola tidur yang tidak menentu juga mengakibatkan jerawat.
  4. Stres – juga merupakan salah satu penyebab utama jerawat.
  5. Kosmetik – kosmetik berminyak yang ada di pasaran menyebabkan jerawat pada kulit. (hpc/sindo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*