Home » Berita » Ajak Masyarakat Dunia Peduli Warga Rohingiya, Malala: Saya Harap Suu Kyi Menanggapinya Pula

Ajak Masyarakat Dunia Peduli Warga Rohingiya, Malala: Saya Harap Suu Kyi Menanggapinya Pula

HARIANPEKANBARU.COM – Kekerasan dan kekejaman yang dialami kaum Rohingiya di Myanmar menjadi perhatian banyak pihak di seluruh belahan dunia. Berbagai aksi dukungan dan perlindungan pun dilakukan untuk mereka.

Gadis Pegiat Pendidikan asal Pakistan yang selamat dari upaya pembunuhan Taliban pada tahun 2012 silam, Malala Yousafzai pun turut mengajak masyarakat internasional untuk teribat memberi perlindungan kaum Rohingiya.

Pemenang Nobel Perdamaian ini pun mendesak Aung San Suu Kyi, peraih nobel yang sama dan merupakan pemimpin Myanmar utnuk mengambil sikap tegas untuk membela kaum Rohingiya.

“Kita tidak bisa bungkam. Jumlah yang terusir dari kampungnya sudah mencapai ratusan ribu,” kata Malala seperti dilansir BBC.

Malala yang sempat menderita luka tembak di kepalanya ini, menegaskan bahwa masyarakat internasional harus beraksi terhadap krisis Rohingiya ini.

Sebagai salah seorang pegiat HAM, Malala terang saja megecam apa yang terjadi pada kaum Rohingiya. Menurutnya, apa yang dialami mereka merupakan hal yang sangat memalukan dan tragis.

“Saya kira kita tidak bisa membayangkan barang satu detik sekalipun, bagaimana kalau kewarga-negaraan kita, hak kita untuk hidup di negara kita, diingkari sepenuhnya,” katanya saat berbicara di Oxford.

Malala sebut ini berhubungan erat dengan hak asasi manusia. Menurutnya pemerintah di seluruh dunia harus beraksi atas krisis ini.

“Warga terusir dari kampung mereka dan mengalami kekerasan. Anak-anak tidak bisa sekolah, tidak bisa mendapat hak-hak dasar mereka, dan hidup dalam situasi terorisme. Kehidupan begitu berat karena begitu banyak kekerasan di sekeliling mereka,” sesal Malala.

“Kita perlu bangun untuk menanggapinya. Dan saya harap Aung Sang Suu Kyi menanggapinya pula,” ajaknya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Program Kampung KB di Riau Baru 30 Persen

HARIANPEKANBARU.COM – Mengikuti instruksi Presiden RI untuk memulai program KB di setiap kabupaten/kota, hingga triwulan ...