Home » Kabar Pekanbaru » Atasi Banjir di Pekanbaru, Pemko Siapkan Anggaran Rp 1,2 Milliar

Atasi Banjir di Pekanbaru, Pemko Siapkan Anggaran Rp 1,2 Milliar

Tahun ini Pemko Pekanbaru mengganggarkan sebesar Rp. 1,2 miliiar untuk mengantisipasi banjir di Kota Pekanbaru. Anggaran tersebut digunakan untuk kegiatan operasional. Mulai dari pembersihan drainase, pengerukan parit dan anak sungai.

“Kita punya dua alat berat yang disiagakan. Sekarang sedang bekerja di wilayah Tampan dan Marpoyan Damai,” kata Erizal, sekretaris Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Senin (4/9/2017).

Dua alat berat jenis eskavator yang dimiliki Dinas PUPR siap untuk mengeruk parit yang dangkal. Pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar segera melaporkan ke dinas PUPR jika di wilahnya ada parit yang dangkal dan perlu dilakukan pengerukan.

“Kalau ada permintaan dari masyarakat silahkan laporkan ke kita. Langusng ke Dinas PUPR saja, tidak perlu pakai surat, lisan saja bisa,” bebernya.

Sebelumnya, warga perumahan HSB Indah Residence, Jalan Suakarya, Kelurahan Tuah Karya, mengeluhkan parit induk di kawasan perumahan itu tidak tersentuh perhatian Pemko Pekanbaru. Padahal parit tersebut merupakan saluran induk pembuangan air dari Jalan Soebrantas, depan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan hingga waduk Jalan Cipta Karya.

“Akibat tidak tersentuhnya parit ini dari kegiatan pembersihan, menjadi penyebab ribuan rumah di sepanjang aliran parit terendam setiap kali hujan turun,” ujar Romi, SH, ketua Perumahan HSB Indah Residence, Senin (4/9).

Dia menyebutkan, sejak parit induk itu dibangun, hingga saat ini belum pernah dibersihkan atau diperbaiki oleh pemko. Sehingga parit tersebut tersumbat, menyempit dan ditumbuhi semak belukar. Hal ini membuat aliran air tidak lancar sehingga setiap kali hujan, air parit langsung meluap.

“Seharusnya ini menjadi perhatian serius pemko jika ingin dan mau membantu warga Panam terbebas dari banjir,” imbuh Romi yang juga pengacara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Start-up Asal Pekanbaru Melaju ke Kompetisi The Next Dev Tingkat Nasional

Pekanbaru berhasil mencatatkan nama sebagai juara pertama pada kompetisi bisnis rintisan atau start-up yang ditaja Telkomsel, The Next ...