Home » Ekonomi Bisnis » Dipertimbangkan Hal ini Sebelum Membeli Properti
apartemen/net

Dipertimbangkan Hal ini Sebelum Membeli Properti

HARIANPEKANBARU.COM – Sebelum membeli properti, banyak hal yang Anda pertimbangkan dengan matang. Pastikan Anda sudah tahu jenis properti yang Anda butuhkan. Bila Anda memutuskan untuk membeli apartemen atau landed house, pastikan Anda mengetahui lokasinya.

Jika yang menjadi pertimbangan utama Anda adalah lokasi strategis, pilihlah apartemen. Sebab, apartemen selalu dibangun di daerah strategis seperti Kota Baru Meikarta, Jawa Barat.

Apartemen di Meikarta memiliki fasilitas lengkap, antara lain perkantoran, pendidikan, pusat perbelanjaan, hiburan, pusat kesehatan, dan rekreasi.

Pertimbangan selanjutnya adalah harga. Perbedaan mendasar antara rumah dan apartemen memang terletak dari harganya. Rumah tapak di lokasi strategis harganya terbilang cukup fantastis. Sedangkan harga apartemen di lokasi strategis harganya jauh lebih terjangkau.

Harga apartemen di Meikarta mulai Rp 127 juta, disertai kredit pemilikan apartemen (KPA) selama 20-15 tahun dengan bungan mulai 8,25 persen. Pembeli juga bisa membayar booking fee hanya Rp 2 juta dan uang muka selanjutnya sebesar 10 persen. Biaya iuran pengelolan lingkungan di Meikarta sebesar Rp 5 ribu per meter persegi.

Meskipun begitu, membeli apartemen tetap menguntungkan bila dilihat dari segi investasi. Sebab, seiring berjalannya waktu, harga apartemen akan selalu mengalami kenaikan. Apartemen menjadi pilihan karena bersaing dalam hal fasilitas.

Hampir seluruh apartemen memiliki fasilitas-fasilitas yang sangat lengkap, seperti lapangan tenis, taman bermain untuk anak, kolam renang, sauna, dan fitness center. Semua fasilitas tersebut dapat digunakan secara cuma-cuma oleh penghuni.

Biaya IPL di apartemen pun hanya dibayarkan sekali saja per bulan karena sudah diakumulasikan. Untuk keamanan, apartemen juga menyediakan sistem penjagaan 24 jam dan CCTV di setiap sudutnya.

Menariknya, bila membeli apartemen, Anda akan mendapatkan legalitas sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) hingga 20 tahun. Namun perhatikan kembali jenis sertifikatnya, HGB atau Hak Pengelola Lahan (HPL).

HGB murni berarti tanah tersebut milik developer, setelah sertifikat HGB habis penghuni bisa langsung memperpanjang. Bila HGB di atas HPL berarti tanah tersebut bukan milik Developer melainkan kerja sama developer dengan pihak lain sebagai pemilik tanah. Setelah waktu kerja sama habis maka hak bangunan dan tanah menjadi hak pemilik tanah.

Lalu ada Strata Title yang menjadi hak milik atas satuan rumah susun. Disebut demikian karena pemilik hanya memiliki secara mutlak unit apartemen tersebut namun ada bagian dari keseluruhan tanah dan bangunan apartemen tersebut yang dimiliki secara bersama.

Faktor kenyamanan bagi penghuni apartemen juga jadi faktor penting yang tak boleh luput dari perhatian. Karena itu, Meikarta membangun Central Park, yang merupakan sebuah taman terbuka hijau seluas 100 hektare.

Taman itu memiliki berbagai tanaman, lengkap dengan kebun binatang mini hingga jogging track. Alhasil taman itu sangat cocok digunakan untuk bersosialisasi, rekreasi, dan bersantai.(detik.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kecemasan Serangan Korea Utara Hilang, Wall Street Kembali Menguat

HARIANPEKANBARU.COM – Wall Street mampu ditutup menguat pada perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta), setelah ...