Home » Hukrim » Retno: Presiden Jokowi Peduli dengan Krisis Kemanusiaan Rohingya

Retno: Presiden Jokowi Peduli dengan Krisis Kemanusiaan Rohingya

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan Presiden Joko Widodo sangat peduli terhadap krisis kemanusiaan yang dialami etnis Rohingnya di Myanmar. Retno juga diminta Jokowi untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan untuk membantu mereka menyeberang ke Bangladesh.

“Bahwa presiden Indonesia concern krisis kemanusian Rohingnya dan presiden meminta saya untuk menanyakan apa yang paling diperlukan Bangladesh saat ini dalam membantu pengungsi (Rohingnya) saat ini masuk Bangladesh,” kata Retno di Kemlu, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Minggu (3/9/2017).

Retno mengatakan pemerintah Indonesia memberikan bantuan terhadap etnis Rohingnya dari dua sisi yakni hulu dan hilir. Bantuan dari hulu yaitu pemerintah akan melakukan lobi politik kepada otoritas Myanmar.

“Hulu itu apa yang saya sampaikan itu upaya kita untuk situasi krisis kemanusian. Hulu baik aspek politik maupun aspek kongkretnya. Sehingga pendekatan kita pendekatan komprehensif,” ujar Retno.

Kemudian, secara hilir, pemerintah Indonesia akan melakukan bantuan kemanusian terhadap etnis Rohingnya di perbatasan Bangladesh. Oleh sebab itu, Retno berkomunikasi dengan Menlu Bangladesh membahas bantuan yang diberikan untuk etnis Rohingnya.

“Di hilir, sekalian kali berdiskusi Menlu Bangladesh. Bangladesh mengapresiasi respons aktif oleh Indonesia. Dan tadi saya sudah komunikasi lagi, mengenai masalah bantuan yang kita berikan, untuk membantu pemerintah Bangladesh dalam menyelesaikan masalah pengungsi masuk wilayah Bangladesh, hulu dan hilir kita coba bantu,” ujar Retno.(detik.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pertemuan Menlu-Suu Kyi Diharapkan Tuntaskan Krisis Rohingya

HARIANPEKANBARU.COM – Menlu RI Retno LP Marsudi hari ini dijadwalkan menemui pimpinan Myanmar, Aung San ...