Home » Gaya Hidup » Cara Mudah Menabung Secara Rutin
Ilustrasi
Ilustrasi

Cara Mudah Menabung Secara Rutin

HARIANPEKANBARU.COM (HPC) –

1. Segera menabung setelah Anda menerima penghasilan

Ya, begitu Anda gajian, menerima komisi, menerima honor atau apapun bentuk penghasilan Anda, segera sisihkan sebagian untuk ditabung. Cara ini menghindarkan Anda dari menunda menabung dan memastikannya sebagai sebuah prioritas.

2. Pisahkan rekening belanja dengan rekening tabungan

Agar menabung dapat berjalan efektif dan Anda dapat memonitor perkembangannya, pisahkan rekening belanja dengan rekening tabungan. Rekening tabungan dapat Anda buat pada bank yang sama sehingga tidak perlu membayar biaya transfer untuk menabung. Saya juga menyarankan untuk tidak membuat kartu ATM untuk rekening tabungan Anda. Dengan demikian, uang yang sudah masuk sebagai tabungan tidak akan dengan mudah diambil sehingga menghindari Anda tergoda dan menghabiskan kembali uang yang sudah susah payah ditabung. Jangan menggabungkan rekening tabungan dengan rekening belanja karena akan berakibat Anda kebingungan berapa jumlah yang sudah ditabung dan berapa jumlah yang boleh dibelanjakan.

3. Tentukan sejumlah uang yang ingin Anda tabung

Berdasarkan penghasilan Anda saat ini, tentukan nilai tabungan yang wajar yang dapat Anda lakukan. Sebagai panduan angka 10% adalah minimum yang berarti Anda menyisihkan sejumlah tersebut untuk tabungan. Jika Anda masih bujangan dan tidak memiliki pengeluaran lain yang cukup besar. Angka persentase ini dapat ditingkatkan sampai 30% atau bahkan 40% dari gaji. Dengan sisa 60% lainnya Anda masih akan dapat membiayai kebutuhan reguler dan sedikit bersenang-senang dengan penghasilan Anda. Dalam perencanaan keuangan pribadi, buat budget untuk tabungan reguler ini dan lakukan secara tertib.

4. Anggap tabungan sebagai pengeluaran dan lupakan

Setelah Anda menentukan sejumlah uang yang ingin Anda tabung setiap bulan, maka anggap jumlah tersebut sebagai pengeluaran wajib setiap bulan dan setelah segera lupakan setelah Anda melakukannya. Secara mental ketika mengganggap tabungan sebagai pengeluaran maka Anda akan dapat melakukannya dengan tertib dan rutin sebagai sebuah kewajiban. Dengan melupakan bahwa Anda telah menabung akan menghindari Anda berpikir bahwa ada kelebihan dana di tabungan yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

5. Atur budget Anda dan tabung setiap kelebihan di akhir bulan

Jika Anda sudah menerapkan penyusunan budget bulanan, maka pada akhir bulan periksa budget Anda. Jika ada kelebihan dana, maka simpan kelebihan tersebut sebagai tambahan tabungan bulan berjalan.

6. Secara bertahap naikkan persentase uang yang akan Anda tabung

Setelah Anda terbiasa dengan pola menabung secara rutin, maka Anda bisa menaikkan nilai persentase penghasilan yang ditabung misalnya dari 10% ke 20%, 30% dan seterusnya. Cara ini akan semakin memperbesar jumlah yang ditabung dan menjadikan Anda orang yang lebih hemat.

7. Jangan pernah menabung mengandalkan “jika masih ada sisa”

Jika Anda mengandalkan sisa uang dari penghasilan setelah dipakai berbagai keperluan untuk ditabung, maka kemungkinan besar tidak akan ada sisa. Kalaupun ada, biasanya jumlahnya sangat kecil dan tidak sebanding dengan penghasilan Anda.

Demikian beberapa cara mudah menabung yang dapat saya share kepada Anda. Kesalahan banyak orang dalam menabung adalah mengandalkan sisa dana yang tersisa untuk kemudian ditabung jika masih tersisa. Percayalah, jika Anda melakukannya dengan cara tersebut, tidak akan pernah ada sisa sisa uang yang dapat ditabung dan Anda pun tak akan pernah mulai menabung.

Godaan untuk menggunakan dan menghabiskan uang sangat besar sehingga perlu suatu tekad yang kuat dengan cara menabung di depan, segera setelah Anda mendapatkan penghasilan.

Selamat menabung demi kebutuhan hari depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Makan Siang Nikmat dengan Nasi Hainan Nan Gurih

HARIANPEKANBARU.COM (HPC) – Coba resep berikut yuk. Nasi dengan rasa khas oriental ini sangat menggugah ...