Home » Gaya Hidup » Intip Daftar Temuan Makanan Tertua di Dunia

Intip Daftar Temuan Makanan Tertua di Dunia

HARIANPEKANBARU.COM (HPC), Pekanabaru – Penemuan arkeologi tidak melulu tentang batu-batu, prasasti atau tulang belulang. Makanan juga kerap ditemukan saat penggalian. Tentu saja makanan tersebut tidak bisa dikonsumsi karena sudah berumur sangat tua dan memang disimpan untuk keperluan penelitian dan ilmu pengetahuan.

Berikut adalah beberapa makanan kuno yang pernah ditemukan para arkeolog dunia, seperti dilansir dari laman Mental Floss.

Wine Romawi, Jerman

Salah satu wine tertua yang pernah ada ditemukan oleh para ekskavator di Jerman. Saat ditemukan, wine ini masih dalam keadaan cair. Wine ditemukan di salah satu sarkofagus (makam batu). Botol tersebut tetap lembap berkat minyak zaitun yang terdapat pada botol tersebut.

Wine Romawi ini diperkirakan sekitar 1.600-an tahun. Cairan wine tersebut diketahui sudah hampir menyerupai endapan lilin dan kandungan alkoholnya sudah hilang.

Roti, Inggris

Sebuah roti kuno ditemukan di Oxfordshire, Inggris. Roti yang diperkirakan berusia 5.500an tahun ini ditemukan dalam keadaan hangus terbakar dan sempat dikira sebagai kepingan arang. Namun, para arkeolog menemukan butiran biji barley di dalamnya.

Jika perkiraan usia roti tersebut benar, maka kemungkinan roti tadi dibawa oleh orang Eropa yang pertama kali memasuki wilayah Britania. Biji barley yang hancur tersebut merepresentasikan revolusi di dunia, di mana para pendatang membawa keahlian mereka dalam bidang pertanian.

Sup tulang, China

Pada tahun 2010 lalu, seorang penggali di Xian, China menemukan satu belanga perunggu berisi sup tulang yang diperkirakan berusia 2.400 tahun. Belanga ini ditemukan di dekat makam prajurit China dan keadaannya masih tertutup sangat rapat. Sup tersebut masih dalam keadaan cair namun dengan warna kehijauan yang diakibatkan oksidasi perunggu.

Mentega, Irlandia

Pada 3.300 tahun lalu, warga di Irlandia mengalami kesulitan untuk menyimpan barel-barel berisi 35 kilogram mentega, hingga pada akhirnya mereka memilih untuk menyimpan barel tersebut di lahan gambut. Pada tahun 2009 lalu, para penggali menemukan barel tadi dalam keadaan utuh dan penuh dengan mentega.

Temuan ini dijadikan koleksi di National Museum of Ireland dan tidak ada yang mengetahui bagaimana rasa mentega kuno itu.

Mi, China

Asal usul mi masih menjadi perdebatan hingga pada akhirnya ditemukan mi berusia 4.000 tahun di Laija. China. Sejauh ini belum ada penemuan mi yang mendekati umur mi tersebut. Dilansir laman BBC, bahan mi tersebut berbeda dengan mi modern saat ini, yakni terbuat dari tumbuhan padi-padian.

Cokelat, Skotlandia

Cokelat ini memang tidak sekuno makanan-makanan di atas, namun coklat tersebut merupakan yang tertua yang pernah ditemukan. Usianya mencapai 111 tahun. Ya, sebuah kotak berisi cokelat ditemukan pada tahun 2008 lalu di Skotlandia dan diketahui dibuat dalam rangka penobatan King Edward VII pada 1902 silam.

Cokelat tadi diketahui adalah milik seorang wanita bernama Matha Greig yang lebih memilih menyimpan cokelat tersebut sebagai suvenir, ketimbang memakannya. Cokelat tersebut memang tidak pernah dimakan dan bahkan diwarisi turun temurun pada anak perempuannya, Freida McIntosh dan akhirnya sampai ke St. Andrews Preservation Trust.

Ilustrasi dark chocolate/cokelat

(VIVA.co.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mini Cheese Cake Oreo

Salah satu menu kue manis yang enak dan mudah membuatnya adalah mini cheese cake oreo. Coba ikuti ...